Pages

SUKA DUKA WARNET


SUKA DUKA WARNET (obrolan dari para pengelola warnet )
Beberapa hal yang sering dialami oleh pengelola warnet diantaranya :
1. User nakal (utak atik komputer sampe error atau maling hardware serta ngutang)
2. HaKI (kaitannya dengan software bajakan)
3. Pungli (dilakukan oleh oknum polisi maupun pemda)
4. ISP yang tidak bisa diandalkan
5. Biaya maintenance warnet yang tidak sedikit seperti mengganti hardware yang rusak oleh user
6. Tidak adanya dukungan dari pemerintah (ditandai dengan peraturan yang tidak jelas dan tidak berpihak kepada pengelola mengenai bisnis warnet ini) banyak yang bingung mengenai perizinan, kategori usaha, bentuk badan hukum dll. nah celah ini sebenarnya yang sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Perlu diketahui bersama bahwa sampai sekarang belum ada peraturan yang menyebutkan bahwa:
1. Warnet harus berbadan hukum
2. Warnet harus memiliki izin usaha (nah ini saya baru tau, tadinya sih gak percaya lha wong warung aja seharusnya memiliki izin dari pemda. tapi kenyataannya secara implisit tidak ada satupun peraturan yang mengharuskan warnet memiliki izin usaha. kenapa ? karena kategorinya tidak ada, coba cek UU perindustrian dan perdagangan)
3. Warnet harus memiliki izin gangguan (HO) dari kepolisian setempat dan harus menyetor upeti setiap bulannya ke polisi.

Nah hal - hal seperti diatas itu perlu diwaspadai. kalo ada yang iseng tanyakan saja apa dasar hukumnya. tapi sepertinya mereka (baca:oknum) tersebut juga pinter dengan menunjukkan list UU dan PP, tapi tanpa disertai isinya. nah apabila kita sebagai pemilik warnet harus jeli dan menanyakan isi dari UU tersebut, dijamin mereka bakalan kelabakan.

Solusi untuk warnet murah adalah memakai speedy punya Telkom, tapi gmana klo wimax sudah masuk dan bagaimana nasib warnet.. karena sudah banyak internet rumahan atau hOtspot yang bertebaran di atas muka bumi ini. Dan denger-denger tarif internet dari pemerintah akan diturunkan, wah gmana neh...

Ternyata lebih banyak dukanya ya.......
terutama sih masalah di speedy
teknisi cenderung belom mampu untuk melihat permasalahan, terkesan makan gaji buta
kalau di tanya pasti bilangin coba restart modem atau putuskan LAN ,scan satu2
seratus ribu kali nelpon pasti itu jawaban nya kalau warnet ada masalah hahaha.....

"lha emang karyawan speedy kan kebanyakan outsourcing ato dari kopegtel. kebanyakan mereka juga gak terlalu ngerti networking. asal bisa isi username n passwd buat nyetting modem aja langsung dibilang teknisi." dan
"Pertama kali speedy masuk di kota ane, ane sering banjir order bantu masang speedy bwt kantor/wnet. soalnya orang2 speedy gak bisa setting bwt network skala agak gede. apalagi kalo wnet/kantorna menerapkan subnetting. trus yg punya wnet/kantor gak mau rubah2 setting network yg ada sebelumnya... jamin puyeng orang speedy ...."

No comments: